Kamis, 02 Agustus 2012

Pondok Romadhon di Surau Tambakrejo


KEDIRI- Bulan Ramadhan adalah bulan yang berkesan bagi warga SDN Tambakrejo. Pasalnya dibulan ini sangat berbeda dengan kegiatan bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya Pondok Ramadhan hanya melaksanakan buka bersama saja, tetapi untuk tahun ini Pondok Ramadhan ini dilaksanakan dengan buka bersama yang kemudian dilanjutkan dengan sholat Tarawih bersama-sama.
Kegiatan diawali dengan persiapan guru-guru yang bekerja sama dengan siswa dalam mempersiapkan kegiatan ini. Sebut saja Pak Faishal yang sejak sore sudah bersama Pak Huda mempersiapkan lokasi. Kami, Adm selanjutnya tiba dengan menunggang motor , dilanjutkan dengan guru-guru yang lain.
Buka bersama kami diawali dengan es sirsak yang super segar, dengan di Imam-i oleh Pak Huda kami pun melaksanakan sholat maghrib bersama di musholla.


          
        Gambar 1.1 Komarudin(depan) dan Wasil Azis(belakang) bersama siswa

Setelah melaksanakan sholat maghrib berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan kultum. Kultum yang pertama diisi oleh Adm yang mengingatkan bahwasanya di Bulan yang suci ini kita hendaknya senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Selanjutnya kultum yang kedua diisi oleh Bu Siti Nur Rohmah. “Barang siapa melaksanakan sholat tarawih di Bulan Ramadhan, niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan bagi hamba-Nya”, itulah pesan beliau kepada siswa SDN Tambakrejo kelas V dan VI. Beliau juga mengingatkan siswa, bahwasanya ada satu hari dimana dalam satu Minggu sekali, dimana hari itu sangat mulia, hari Jumat. Alquran turun kebumi dengan perantara Malaikat Jibril pada hari Jumat, hingga sampai pada amalan-amalan yang dilakukan pada hari itu akan dilipat gandakan pahalanya, apalagi di bulan Ramadhan ini.  Subhaanallaah, betapa mulianya bulan yang penuh ampunan nan rahmat ini.


                    Gambar 1.2. Para jamaah sholat tarawih di musholla 

Para siswa kelas V dan VI yang mengikuti buka bersama ini, berbuka dengan semangkuk kolak segar dan nasi kuning lengkap dengan lauknya. Bersama lebih dari 90 siswa SDN Tambakrejo mereka berbuka puasa dengan suasana yang akrab. Sedangkan kami, ditemani dengan sate sapi, mie goreng, sambal goreng, dan beberapa jenis makanan ringan kami pun menyantap hidangan yang sudah disiapkan sebelumnya.
Bu Supariyem, Bu Farida, Bu Evi, Bu Yuyun, Bu Yuni, Bu Nur, Mbak Sah, Bu Sundari, Pak Azis, Pak Deni, Pak Arif, Pak Faishal, Pak Komarudin, Pak Supriyono, Pak Huda, kami bersama-sama menikmati hidangan buka bersama di kelas. Kegiatan semakin terasa akrab tatkala pada saat berbuka bersama,  meja yang disiapkan disusun secara berhadap-hadapan sehingga suasana kekeluargaan  pun menghiasi suasana buka bersama. Bu Isminatun, atau lebih terkenal dengan sebutan Bu Is bahkan rela datang ke lokasi walaupun beliau dalam keadaan sakit, hanya demi menikmati buka bersama kami yang diadakan satu tahun sekali ini.
Pondok Ramadhan ini kami tutup dengan sholat tarawih bersama di musholla SDN Tambakrejo dan juga beres-beres perlengkapan ditempat. Beberapa peralatan sempat ditinggal di lokasi karena mengingat lelah nya fisik akibat aktivitas yang dilakukan oleh warga kelas V dan VI beserta guru-guru.
Semoga setiap tahun, kami bisa mengadakan kegiatan positif seperti ini lagi. Amiin ya robbal ‘aalamiin.

0 komentar:

Posting Komentar